Memaksimalkan Seni sebagai Pelengkap Atmosfer Ruangan

Rabu, 18 Juli 2018 - 17:24 WIB
Memaksimalkan Seni sebagai Pelengkap Atmosfer Ruangan
Memaksimalkan Seni sebagai Pelengkap Atmosfer Ruangan
A A A
SENI merupakan gambaran ekspresi yang bisa diterapkan dalam berbagai bentuk dan memberikan emosi tersendiri. Karena itu, memajang karya seni tidak hanya dapat memperindah ruangan, tetapi juga membawa suasana lebih hangat dan hidup. Karya seni selalu dikaitkan dengan gaya hidup dan memiliki nilai tinggi.

Apakah itu lukisan, ukiran, patung, bahkan bentuk lainnya, semua karya seni bisa menambah estetika ruangan Anda. Apalagi, bila objek yang dipajang merupakan hasil karya Anda atau buah hati tercinta, pastinya akan memberikan kepuasan tersendiri ketika Anda melihatnya.

Namun, bagi Anda yang tidak mengerti seni, tentu tidak perlu bingung memilih karya yang tepat untuk dipajang. Agar tidak repot, pajang saja lukisan bergaya abstrak, tentu dengan pilihan menarik. Menurut desain interior Ade Lesmana, fungsi hiasan dinding sangat beragam, tetapi utamanya memberikan nilai estetika.

Sebuah lukisan, misalnya, dapat memberikan nuansa baru dan bisa menjadi focal point dalam ruangan. Memajang hiasan dinding bukan lagi hanya memalu paku ke dinding dan menggantung hiasan berbingkai. Agar hiasan dinding tampil menawan, ada baiknya Anda memilih bagian dinding dengan cermat.

I Gede Kusuma, pemilik galeri lukisan di Jakarta Utara, menuturkan, lukisan adalah jenis karya seni yang paling umum dan sangat mudah dipahami. Bila ingin menggunakan lukisan sebagai aksesori dinding, lebih baik sesuaikan ukurannya dengan kapasitas dinding yang ada.

Misalnya, lukisan berukuran besar sangat pas bila diletakkan pada dinding yang panjang. Jika memilih lukisan sebagai alternatif penghias dinding, Anda tidak perlu repot lagi menghias dinding dengan wall cover atau mengecatnya dalam berbagai warna.

Dengan memajang lukisan, ruangan sudah cukup terlihat indah dan gaya. “Lukisan sangat cocok ditempatkan di ruangan mana pun, mulai ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, hingga ruang kerja. Lebih baik tempatkan lukisan pada dinding polos agar keindahannya lebih terasa,” ucap Gede.

Untuk menambah lukisan semakin hidup, Anda bisa menambahkan lampu sorot atau spotlight . Dengan begitu, lukisan Anda akan terlihat indah serta dapat membawa nuansa berbeda di ruangan tersebut. Ade menambahkan, lukisan bisa digunakan sebagai solusi desain dalam menata ruangan, misalnya untuk mengurangi kesan kosong pada ruangan.

Pada tembok yang memiliki tinggi di atas 3 meter, lukisan berbentuk panjang bisa juga dipasang berbaris secara vertikal. Setiap lukisan memiliki aliran tersendiri. Adapun beberapa lukisan yang sering diaplikasikan di rumah yaitu lukisan aliran surealis, realis, kontemporer, dan masih banyak lagi.

Beberapa aliran lukisan tersebut bisa disesuaikan dengan tema utama bangunan rumah. Walaupun demikian, aliran, bentuk, dan gambar yang cantik dari sebuah lukisan akan tidak bernilai bila teknik pemasangannya tidak tepat. Menurut Gede, untuk meletakkan sebuah lukisan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu eksklusivitas dan nilai lukisan terhadap konsep ruang.

“Lukisan memiliki satu nilai estetika yang tidak banyak orang mengerti, hanya segelintir orang yang bisa menghayatinya dan mengidentifikasi orisinalitas sebuah lukisan. Semua komponen di dalamnya memiliki nilai prestisius yang tinggi. Untuk itu, konsep ruang perlu disesuaikan dengan lukisannya,” ucap Gede.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3847 seconds (0.1#10.140)